Cara Membuat Start Menu Program Files di Windows 8 Tanpa Aplikasi Tambahan

Unknown | Monday, March 25, 2013 | | |
Windows 8 merupakan Sistem Operasi keluaran terbaru yang diproduksi oleh Microsoft Corp. Kelebihan yang dimiliki oleh windows 8 sudah banyak dirasakan para pengguna windows 8 mulai dari  proses yang cepat juga tampilannya juga menarik dengan adanya widget – widget yang berwarna – warni.
            Sebenarnya windows 8 lebih ditujukan bagi pengguna gadget yang memiliki fitur layar sentuh atau touchscreen. Sehingga pihak Microsoft menghilangkan fitur Start menu pada system operasi Windows 8. Dengan alasan ini, banyak pengguna Microsoft Windows yang biasa menggunakan Start menu mulai dari windows 97 sampai dengan windows 7 merasa kehilangan dan sulit untuk menggunakan system operasi windows 8 ini.
            Dengan penuh semangat, saya pun mencari – cari cara bagaimana membuat Start Menu pada windows 8.  Setelah lama mencari akhirnya saya mendapatkan cara untuk membuat Start Menu sendiri tanpa menggunakan aplikasi  atau plugin tambahan sehingga system Operasi kita tidak terbebani memori yang membuat proses menjadi lambat.
            Tidak perlu menunggu lama dan panjang lebar saya akan menjelaskan langkah – langkah bagaimana membuat Start menu pada windows 8.  Ikuti langkah – langkah dibawah ini ya tanpa perlu menyediakan kopi hangat sebagai penghilang kantuk kok.
Pembuatan Daftar Aplikasi yang ingin ditampilkan pada Start Menu nantinya
1. Buka Aplikasi File Explorer ( Windows 8 ) / Windows Explorer (Windows 97 – Windows 7 )  
2.Setelah itu buka folder Document dan Buat folder baru

3. Setelah membuat folder baru, rename folder tersebut menjadi Start 

4. Setelah itu, kita membuat link Aplikasi yang kita inginkan dari Program Files dan letakkan ke document. Sebagai contoh saya membuat link aplikasi Photoshop CS 5 dan beberapa aplikasi yang saya butuhkan

    
 5. Setelah membuat link aplikasi yang Anda inginkan. Selanjutnya pindahkan (Cut) link Aplikasi dan letakkan ke dalam folder Start
     
     
6. Setelah Link dipindahkan ke dalam folder Start. Langkah Selanjutnya membuat Folder Aplikasi agar terlihat lebih rapid an ter-manage. Pada Contoh ini saya membuat folder Adobe CS 5. Lalu letakkan link Aplikasi yang kita buat ke dalam folder yang baru kita buat

7.Ulangi Lakukan 4 sampai dengan langkah 6 pada aplikasi yang ingin Anda ingin tampilkan pada Start Menu nantinya
Menampilkan Daftar menu ke Desktop
1. Klik kanan pada taskbar, sehingga muncul pop up menu. Setalah itu pilih toolbars -> new toolbar



2. Lalu kita arahkan dan pilih ke folder Start yang telah kita buat tadi di Document. Setelah itu klik button Select Folder

  
3. Maka Akan terlihat Start Menu  pada Taskbar sebelah kanan berdekatan dengan icon tray

4. Untuk memindahkan Start Menu ke sebelah kiri dapat dilakukan dengan cara mengklik kanan pada taskbar dan pilih unceck lock the Taskbar yang berfungsi agar menu bias dipindahkan. Lalu pindahkan Start menu kesebelah kiri dengan cara meng-klik drag Start Menu geser ke sebelah kiri.


5. Setelah dipindahkan check lagi menu Lock the Taskbar pada pop up menu Taskbar seperti yang kita lakukan sebelumnya. Akhirnya kita mendapatkan hasil akhir sebuah menu Aplikasi seperti Start menu Windows Edisi sebelumnya.

No comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Download Your Favorite Files

About