Cara Mengunci Folder Tanpa Aplikasi Tambahan

Unknown | Saturday, March 30, 2013 | |
Tahu kan Anda dengan yang namanya Folder atau Directory. Tentunya dong!!!!. Bagi para pengguna komputer sudah sangat familiar dengan istilah Folder. Folder merupakan suatu tempat untuk mengelompokkan file - file yang sejenis. Ini terjadi dikarenakan ruang space Harddisk yang sangat besar membuat pengguna komputer sulit untuk memanage atau pun menyusun file - file yang mereka miliki.

Dengan adanya Folder, file - file yang tadinya tersusun berserakan  bisa dirapikan dengan membuat beberapa folder dan menempatkan file - file sejenis pada folder yang sama sehingga memudahkan kita juga dalam pencarian File yang kita butuhkan.

Seiring dengan perkembangan Zaman dan kemajuan teknologi, file - file yang dulunya tidak bersifat rahasia atau tidak begitu penting bagi orang lain kini menjadi incaran orang - orang yang haus akan informasi. tentunya informasi - informasi yang sangat rahasia atau pun pribadi menjadi incaran mereka. Sehingga banyak bermunculan aplikasi - aplikasi yang dapat mengunci akses ke folder - folder tersebut seperti Hide Folder, Folder Lock dan lain sebagainya.

Namun kali ini saya akan memberikan sekidit trik agar Anda sebagai pengguna komputer dapat mengunci akses folder agar tidak dapat digunakan oleh orang lain yang tidak berhak untuk mengaksesnya. ikuti langkahnya satu persatu ya : 
1. Buka Window Explorer
2. Pilih Folder yang akan dikunci Aksesnya
3. Klik Kanan mouse pada folder yang akan dikunci dan pilih Properties
4. Setelah muncul jendela Properties folder pilih tab Security
5. Dibawah Area group or username ada button Edit yang berfungsi untuk mengubah hak akses folder Anda
6. Setelah akan muncul jendela Permission, maka Anda pilih user Authentic User dan pada Area 
    Permission di kolom Deny centang semua fieldnya. Lalu Klik OK



Maka Anda sudah selesai untuk mengunci Hak Akses orang lain untuk membuka folder tersebut. Untuk mengembalikan status Hak folder ke keadaan semula, Anda dapat melakukan hal yang sama pada langkah diatas dan hapus centang pada semua field yang ada di Area Permission.

Selamat Mencoba

3 comments:

  1. saya mau mengembalikan lagi kok ga bisa ya?
    pada security tab-nya yang muncul bukan edit tapi Advanced
    gimana ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang banget download aja take ownership. kalau sudah jalankan registry. tinggal klik kanan foldernya pilih take ownership dan pilih yes tunggu hingga proses selesai.

      Delete
  2. Saya sudah mencoba triknya tapi udah diklik propertiesnya kok ga ada tab security nya gimana ya supaya bisa muncul sesuai dg apa yg dijelaskan

    ReplyDelete

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Download Your Favorite Files

About